Jumat, 05 Oktober 2012

Cara Mengganti Huruf Kecil Menjadi Kapital atau Sebaliknya di Excel 2007


Anda mungkin pernah mengetikkan nama orang atau benda pada kolom Excel 2007 bukan ? Lalu bagaimana seandainya anda sudah mengetikkan nama-nama seperti hadiyanto, ratna dewi, nursawimin, mariyani, adiwibowo, triwidiyanti dan lainnya tersebut dalam huruf kecil semuanya seperti pada kolom A di Excel 2007 dibawah ini, namun yang anda inginkan adalah semua nama tersebut menggunakan huruf kapital.
Tentunya hal ini jika kita melakukan pengetikan ulang untuk semua nama tersebut merubah menjadi huruf kapital ,mungkin kurang efisien dan memakan waktu yang cukup lama, apalagi jika jumlahnya cukup banyak bukan ?
Nah agar anda tidak melakukan secara manual untuk merubah menjadi huruf kapital maka anda bisa menggunakan fungsi formula pada excel untuk melakukan hal tersebut, yaitu
1. Untuk merubah menjadi huruf kapital semuanya yaitu =UPPER(SEL)
2. Untuk merubah menjadi huruf kecil semuanya yaitu =LOWER(SEL)
Nah untuk contoh pada Excel 2007 diatas, cara agar huruf kecil berubah menjadi huruf kapital maka anda bisa mengetikkan formula pada sel B1 dengan formula =UPPER(A1) maka nama hadiyanto akan berubah menjadi HADIYANTO kemudian anda copy sel B1 tersebut ke sel lainnya mulai B2 sampai dengan B9 maka nantinya hasilnya menjadi seperti gambar dibawah ini
Lalu bagaimana caranya untuk merubah semua hurufnya menjadi huruf kecil ?. Untuk melakukan tersebut anda bisa menggunakan formula lower . Silahkan anda perhatikan tabel Excel 2007 dibawah ini.
Nah untuk merubah semua huruf dari nama-nama yang ada di kolom A tersebut maka anda bisa mengetikkan formula pada sel B1 yaitu =LOWER(A1) kemudian anda bisa copy sel tersebut ke sel lainnya dan hasilnya bisa anda lihat pada kolom B Excel 2007 diatas.
Silahkan anda mencobanya, semoga berhasil …Cara Mengganti Huruf Kecil Menjadi Kapital atau Sebaliknya Excel 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar